Latest Games :
Home » » PERGESERAN FUNGSI KELUARGA

PERGESERAN FUNGSI KELUARGA

Selasa, 08 Mei 2012 | 0 komentar

PERGESERAN FUNGSI KELUARGA

Keluarga adalah sebuah landasan pembentuk karakter pada setiap individu. Pada keluarga smua yang dibutuhkan oleh seseorang terpenuhi. Terutama kebutuhan-kebutuhan yang bersifat rohaniah yang berupa kasih sayang dan cinta kasih dan lain sebagainya. Namun pada saat ini yang demikian sudah tidak terjadi lagi dalam sebuah keluarga. Para orangtua lebih memilih jalan praktis dengan cara menitipkanya kepada instansi pendidikan terkait. Namun hal tersebut justru malah merubah peranan dan fungsi adanya sebuah keluarga. Karna fungsi dan peran keluarga sudah tidak lagi berjalan sebagaimana mestinya, yang dampaknya akan sangat kelihatan pada kurang harmonisnya sebuah keluarga dan yang lebih sangat disayangkan apabila dampak – dampak tersebut mempengaruhi sikologis dan tingkah laku anak. Yang mungkin terdapat penyimpangan-penyimpangan prilaku, yang sebenarnya mereka lakukan hanya agar mendapat perhatian dari orang lain, Saya rasa itu sangat ironis sekali.

Akan tetapi hal-hal buruk yang di akibatkan oleh pergeseran fungsi keluarga tersebut dapat di cegah dengan sedikit meluangka waktu untuk tetap menjalankan fungsi keluarga. Agar fungsi-fungsi keluarga tersebut berjalan walaupun tidak terlalu efektif tetapi itu sangat berarti dalam sebuah keluarga. Adapun beberapa fungsi keluarga yang ada sebagai berikut:

1.) Pengawasan 3.) Perawatan 5.) Rekreasi 7.) Agama

2.) Perlindungan 4.) Pendidikan 6.) Sosialisasi

Dari sekian banyak fungsi keluarga diantaranya ada yang sudah bergeser adapula yang masih tetap pada posisinya. Dalam hal ini banyak sekali alasan ataupun penjeasan kenapa fungsi tersebut bergeser. Mulai dari alasan ketidakmampuan keluarga mengampunya secara terus menerus ada pula karna alasan waktu yang tidak ada dan alasan pekerjaan. Namun itu bukanlah alasan yang dapat digunakan untuk menggesaer fungsi keluarga dalam segalahal. Kenapa begitu? Karna pada dasarnya ketidakmampuan atau ketiadaan waktu untuk menjalankan fungsi keluarga tersebut dapat disiasati dengan meluangkan sedikit waktu untuk menjalankan peran tersebut. Karna pada saat menjalankan peranan tersebut pada setiap anggota keluarga akan terbangun sinergitas. Yang mampu menjadikan sebuah keluarga tersebut keluarga harmonis dengan perhatian dan kasih sayang yang melimpah.

Namun dalam kontek pelaksanaan nya memang semua fungsi tersebut tidak mungkin terpenuhi secara utuh. Harus ada kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait yang mampu memenuhi kebutuhan keluarga yang tidak dapat sepenuhnya di dipenuhi oleh keluarga itu sendiri. Dengan adanya kerjasama yang demikian maka akan terpenuhilan semua kebutuhan dalam sebuah keluarga, baik kebutuhan materil, moril, maupun pendidikan. Adapun bebrapa peran keluarga yang harus memanfaatkan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait adalah sebagai berikut:

1.) Pengawasan 3.) Rekreasi

2.) Pendidikan 4.) Agama

Keempat fungsi keluarga tersebut adalah sebagian yang tidak dapat sepenuhnya dipenuhi oleh keluarga. Dan membutuhkan lembaga-lembaga lain untuk membantu menjalankan fungsi keluarga tersebut. Contohnya saja pada pendidikan, para orangtua akan merasa lebih percaya apabila anak-anaknya mendapatkan pendidikan dari instansi prndidikan terkait sepeti SD, SMP, SMA sederajat. Dan begitu pula dengan para anak, mereka kelihatan lebih baik. Karna dengan begitu mereka akan banyak berbaur dan bergaul dengan orang lain. Yang mana hal tersebut dapat memupuk pengetahuan sosial dan dapat langsung di praktekan dalam kehidupan keseharianya.

Namun dalam hal ini ada juga fungsi keluarga yang tidak bergeser dari jalurnya. Mungkin hal tersebut lebih dikarnakan hal tersebut mudah untuk dilaksanakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam keluarga tersebut. Adapun fungsi keluarga tersebut adalah sebagai berikut:

1. Perlindungan 3. Sosialisasi

2. Perawatan

Dalam menyikapi persoalan yang sebenarnya cukup pelik ini, tidak ada yang dapat disalahkan ataupun dibenarkan. Ataupun siapa yang bertanggung jawab dalam hal pergeseran fungsi keluarga tersebut. Dalam hal ini sebenarnya peran kedua belah pihaklah yang bertanggungjawab dan menjadi rujukan pengambilan sikap dan keputusan tersebut. Sehingga tidak ada yang merasa dirugikan ataupun memanfaatkan keadaan yang sedemikian untuk kepentingan pribadi. Selain itu tujuan dari terbentunya keluarga dapat tercapai dengan kerjasama kedua belah pihak.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Alip Template | Mas Template
Copyright © 2011. kodok ijo - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger