Latest Games :
Home » » MAIN ENGKLEK

MAIN ENGKLEK

Kamis, 22 November 2012 | 0 komentar


ENGKLEK


Engklek, begitu biasanya orang” menyebut permainan ini. Engklek merupakan salah satu jenis permainan tradisional yang banyak di mainkan anak-anak di pedesaan pada umumnya. Permainan ini biasanya di mainkan di pelataran rumah atau di tanah lapang lain yang sekiranya cukup untuk bermain engklek tersebut.
Permainan engklek bentuknya sanagat sederhana, karna hanya berbentuk garis kotak-kotak bersusun . Cara memainkanya pun cukup unik dan mudah tentunya. Karana hanya lompat-lompat menginjaki setiap bagian kotak-kotak dari bentuk permainan engklek tersebut. Namun walaupun terlihat sangat mudah akan tetapi permainan ini mengacu pada kekuatan kaki sebaagai tumpuan saat melompat.
Dalam permaian ini terdapat beberapa aturan dan atribut tentunya. Yang sedikit menyulitkan dan membuat permainan ini menjadi lebih menarik. Yaitu di antaranya adalah sebagai berikut
1. gacok
Gacok adalah sebutan dari sebuah benda pipih yang dilemparkan ke kotak yang tersedia. Yang tujuanya untuk sebagai tanda sampai mana dia sudah bermain, dan sebagai tanda kotak mana yang iya tempati.
2. sawah
Sawah yang di maksud adalah tempat dimana ketika gacok sudah mengelilingi kotak yang tersedia dan si pemain berbalik badan sambil melemparkan gacok nya dan masuk ke dalam sebuah kotak. Nah dengan demikian kotak tersebut menjadi sawah miliknya dan boleh di injak dengan kedua kaki oleh pemiliknya. Namun apabila pemain yang lain yang menginjaknya maka pemain lain tersebut dinyatakan gugur.
3. melompat
pemain selama melompat tidak dipermolehkan menginjakkan kedua kakinya kecuali di tempat yang telah di tentukan dan sawah mereka.
4. tangga
Tangga yang di maksud adalah kotak pembantu yang dapat di buat ketika kotak-kotak yang di bawah sudah menjadi sawah dari pemainlawan dan jangkauan lompat pun menjadi sangat jauh dan sepertinya tidak memungkinkan untuk melakukan lompatan. Sehingga keringanan pun di berikan dengan memberikan sebuah bantuan berupa kotak di sebelah kanan atau kiri kotak yang berada di susunan bawah.
5. terminal
Begitu di tempat saya menyebutnya, yaitu bagian tengah” pada kotak” tersebut yang bersilangan dengan kotak” lain.
6. menginjak garis
Kalau menginjak garis maka si pemain di anggap gugur, dan dilanjutkan oleh pemain lain.
7. kayag
Setelah pemain melewati semua kotak maka pemain mendapat bonus untuk kayang alias melempar gacok dengan cara membelakangi media, apabila dapat maka tempat itu menjadi sawahnya atau daerah teritorialnya. Sehingga oranglain tidak diperkenankan menginjaknya.

Sekiranya sekian, mohon maaf kalo masih berantakan dan keliatah gak runtuk. Tolong pencerahanya ya, biar bisa di sempurnakan ^_^


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Alip Template | Mas Template
Copyright © 2011. kodok ijo - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger