Latest Games :
Home » » PERPUSTAKAAN DESA

PERPUSTAKAAN DESA

Sabtu, 05 Mei 2012 | 0 komentar

PERPUSDESA SEBAGAI UPAYA MENAMBAH WAWASAN DAN MENCERDASKAN MASYARAKAT


=sebuah konsep pemikiran ideal yang belum terwujud.

Dewasaini kita ketahui lembaga pendidikan sudah banyak bertebaran dimana-mana. Namun padanyatanya pendidikan hanya di enyam oleh orang-orang yang memiliki finansiallebih. Yaitu orang-orang dengan pengahasilah di atas rata-rata kebutuhansehari-hari. Walaupun memang ada yang dapat mengenyam pendidikan tapi kalaupunada itu tidak banyak. Sangat ironis sekali ketika jaman sudah se modern inikita masih menemui orang-orang yang tidak mengenyam pendidikan setidak-tidaknya memenuhi wajar, yaitu wajib belajar sembilan tahun, apalagikalau sampai ada yang buta huruf.
Namunpada kenyataanya bangsa kita di hadapkan dengan kenyataan pahit itu. masihbanyak orang-orang di luar sana yang belum mengenyam pendidikan, sepertisaudara-saudara kita yang ada di daerah pingiran yang terisolir dan terasingkanoleh moderenitas. Namun yang menyedihkan lagi kalau hal tersebut terjadi dilingkup perkotaan yang notabene nya sekolah-sekolah dan lembaga pendidikandimana-mana. Hal-hal tersebut adalah sekelumit contoh kegundahan terhadappermasalahan bangsa ini.
Disinisaya sebagai seseorang yang berada di lingkungan keduanya kok lama-lama merasamiris dan risi dengan keadaan ini. saya mulai berfikir bagaimana jika suatusaat saya dapat mendirikan tempat belajar dan perpustakaan yang kondusif dan dapatdi akses oleh semua kalangan. Hal tersebut terlintas dalam pikiran saya karnasebenarnya keingintahuan say akan suatuhal tinggi, namun saya di benturkan padakenyataan bahwa kenyataan bahwa manusia itu mempunyai sifat pelupa. Sehingga yangberfikiran untuk membuat hal tersebut.
Denganbegitu ketika saya lupa akan sesuatu dalam konteks keilmuan tersebut saya dapatmembacanya kembali. Namun itu bukanlah tujuan utama dari pemikiran ini, tujuanutamanya adalah upaya mencerdaskan masyarakat sekitar tempat tinggal saya. Purpustakaantersebut akan saya buat di sekitar rumah saya, kena selain tempatnya strategisjuga berada di jalur utama keluar dari desa. Sehingga disitu akan lebih banyakdiketahui orang dan mudah di akses.
Danmengenai keinginan saya ini, saya akan mengemasnya dalam bentuk dan desaintempat seperti tempat bermain ataupun ngumpul anak-anak kecil maupun untukremaja. Kenapa begitu? Karna disaat mereka berada disana melakukan aktifitas,ntah itu belajat ataupun hanya sekedar duduk dan membaca buku mereka dapatmerasa nyaman berada di tempat tersebut. Dengan kenyamanan tersebut mereka akanbetah dan mau berlama-lama berada di tempat tersebut. Dengan begitu setelahbetah berada di tempat itu maka pikiran mereka otomatis akan terusik danpenasaran dengan apa yang ada di sekelilingnya yaitu buku. Mereka kan mulaimembaca apa yang menurut mereka menarik, dan lama kelamaan hal-hal seperti itudapan menjadi sebuah kebiasaan baik yang dapat mencerdaskan dan meluaskanwawasan mereka.
Denganbegitu saya berkeinginan agar pendudukan yang berada di desa saya khususnyaataupun desa-desa lainya menjadi berwawasan luas dan berpengetahuan yang tinggiwalaupun pada nyatanya mereka tidak mengenyam pendiddikan formal. Dan hal-haltersebut akan berdampak pada kualitas pembicaraan, pergaulan, perbuatan, dankesadaran masyarakat tentang pemecahan masalah yang sedang mereka hadapi. Merekaakan dapat berfikir efektif memikirkan solusi yang baik tanpa harus menungguperintah dari pemerintah. Setelah itu terbentuk maka pegembangan desa pun akancepat terlaksana, dan penekanan dan permainan harga yang diakukan oleh pihak PTtempat penyetoran hasil kebun tidak terjadi lagi. Bahkan merekalah yang harusberada dalam kendali msyarakat, sehingga penghasilan mereka cenderung stabildan dapat dipakai untuk mensekolahkan anak-anank mereka kelak ke jenjang yanglebih tinggi. denagn begitu mereka akan mendapat penghidupan yang lebih layak di kemudian harinya.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Alip Template | Mas Template
Copyright © 2011. kodok ijo - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger