Latest Games :
Home » » PIRAMID MODE PENDIDIKAN

PIRAMID MODE PENDIDIKAN

Sabtu, 05 Mei 2012 | 0 komentar

PANDANGAN DARI TIGA METODE PEMBELAJARAN

Dewasa ini kita ketahui sudah banyak sekali teori yang di pake dalam metode pembelajaran. akan tetapi kerangka utamanya dalam metode pembelajaran tersebut masih dipakai hinggga sekarang. Dan dalam proses pembelajarn baik itu formal maupun non formal ada di antaranya kita jumpai beberapa metode yang di pakai. Diantaranya ada tiga metode yaitu :
1. Pembelajaran menggunakan metode privat

Kalau di lihat dari segi materil, biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan metode ini dapat di bilang relatif lebih mahal. Karna mendatangkan guru privat yang hanya khusus mengajar di sebuah tempat yang hanya di peruntukkan untuk seseorang saja. tetapi kalau dari segi pemahaman pembelajaran dengan metode ini bisa di bilang lebih baik, karana pengajar dan yang belajar dapat belajar dengan tenang dan dapat fokus pada apa yang di ajarkan. Dan dapat menanyakan secara leluasa mengenai materi yang di berikan. Akan tetapi dalam metode ini selain mahal juga kadang timbul kejenuhan yang dikarnakan tidak ada teman yang lain yang dapat memacu smangat persaingan dalam pemahaman.

  • 2. Pembelajaran menggunakan metode kelompok

Dalam penggunaan metode ini di pandang dari segi keuangan juga dapat dikatakan tidak boros tetapi juga gak murah-murah skali. Knapa demikian, karna pada saat pembelajaran biaya yang di keluarkan dapat di tanggung bersama. Dan sedangkan dari segi pemahan dalam penggunaan metode ini dapat di katakan cukup baik. Karna selain dalam proses pemahaman cukup baik dapat juga dilakukan shering mengenai pengetahuan dan berbagai cara pandang yang di dapatkan antara sesama teman dallam pembelajaran kelompok tersebut. Dan sedangkan dari segi kejenuhan saya rasa metode ini tidak menjenuhkan karna masih dijumpai adanya teman yang dapat di pakai sbagai media shering.

  • 3. Pembelajaran menggunakan metode masal

Proses pembelajaran dengan metode ini dapt di bilang sangat murah sekali, karna tidak semahal seperti halnya pada metode pembelajaran privat. Karna biaya yang di butuhkan di tanggung bersama-dengan dengan teman-teman yang ada dalam pembelajaran masal tersebut. Kalau di pandang dari segi ke efektifan pembelajaran, saya rasa metode ini boleh dikatakan kurang efektif. Karna banyak nya orang di dalam proses pembelajaran tersebut malah cenderung menuimbulkan ketidak fokusan dalam proses tersebut. Hal tersebut tidak dapat di pungkiri karna dengan banyak nya orang yang ada di tempat tersebut malah cenderung ribut dan membuat konsentrasi pentarnsferan dan penerimaan pengetahuan tersebut menjadi terhambat.
Jadi dari ketiga metode yang saya paparkan di atas, dapat di tarik kesimpulan bahwa sebenarnya metode yang sanagt tepat digunakan dalam proses pembelajarn yaitu, dengan metode pembelajaran secara kelompok. Karna dalam prosesnya pemahamanya di pandang efektif dan biaya yang di perlukan di pandang relatif lebih terjangkau.
Akan tetapi pada kenyataanya pada saat ini orang-orang jarang yang mengunakan metode pembelajaran kelompok ini. Mungkin karna dalam belajar kelompok lebih terkesan seperti main-main dan santai sekali. Tapi menurut saya hal ini malah efektif untuk menghilangkan kejenuhan dalam belajar, dah karna sedang berada dengan teman-teman yng lain pasti secara tidak langsung kita akan terangsang untul memacu tingkat pemahan kita karna ada kesan malu kalau tidak faham. Dan di saat kita akan bertanya tentang ketidak tahuan kita pun rasa malu menanyakan sesuatu hal karna takut di cela itu sirna, karna sudah reatif kenal semua dengan teman sekelompok.
Nah sekarang yang jadi permasalahan adalah bagaimana caranya menanamkan dalam pkiran pelajar bahwa belajar kelompok itu bagus dan efektif. Tanpa memerlukan gono gini yang merepotkan dan membebani. Karna dapat dilakukan dimana saja dengan kondisi yang bagaimana saja dan tidak memerlukan fasilitas yang sedemikian rupa.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Alip Template | Mas Template
Copyright © 2011. kodok ijo - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger